Iklan

Thursday, April 14, 2016

1 BENIH MUCUNA BRACTEATA BANYAK FUNGSI DAN MANFAAT

INFO PEMESANAN 087742137164

Manfaat penting Mucuna Bracteata



Mucuna bracteata (mb) merupakan legume cover crops / benih kacang-kacangan penutup tanah yang berasal dari negara india dan terbukti paling terbaik diantara jenis kacang-kacangan. Meskipun harus melalui tahapan pembibitan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hanya saja untuk metode pembibitan akan saya jelaskan pada lain kesempatan berikutnya.


Dapat saya katakan yang terbaik diantara jenis kacang-kacangan lainnya karena studi lapangan yang telah saya lakukan di beberapa lokasi baik di Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi sudah memberikan saya kesimpulan logis, bukan lagi hanya sekedar teori ataupun hanya argumentasi menebak untuk mendongkrak pemasaran.


Dan Ketiga lokasi tersebut masih menjadi basis kegiatan perkebunan sawit maupun karet yang dilakukan oleh pengusaha perkebunan daerah setempat, pengusaha perkebunan yang berpusat di Jakarta, investor luar negeri yang menanamkan modalnya, hingga masyarakat petani setempat. Menimbulkan dampak yang positif maupun negatif dan itu semua bertujuan dalam mendorong peningkatan ekonomi daerah sampai pada meningkatnya taraf hidup masyarakat. Btw bukan itu yang menjadi topik saya.


Jenis tanah yang berbeda pada setiap lokasi tidak menjadikan mucuna bracteata mengalami penurunan fungsi dasarnya. Ketahanan ini timbul sebab kondisi iklim tropis negara kita tidaklah seekstrim iklim benih mucuna bracteata itu berasal. Ada beberapa fungsi yang dapat saya jelaskan mengapa benih yang satu ini menjadi referensi yang selalu saya anjurkan kepada setiap user. Agar tidak lagi melakukan trial atau coba-coba. Beberapa fungsi yang saya akan sampaikan dan menjadi konsentrasi mengapa mucuna bracteata ini dibutuhkan antara lain adalah,


Sebagai pengikat nitrogen yang menyebabkan panas berlebih pada area perkebunan tetapi juga menjadi sumber makanan yang dibutuhkan oleh tanaman inti pada perkebunan.


Sebagai penahan erosi, dan banjir. Hal ini sering terjadi ketika lahan telah melalui tahapan land clearing. Ikatan-ikatan kuat pada akar mucuna bracteata pada setiap ruas batang dan dengan radius penyebaran dan penutupan hingga 4 m2 memberikan ribuan kekuatan yang menyatu seperti sebuah ikatan sapu tanpa bisa dipatahkan.
Ketebalan penutupan, pada bagian atas tetap hijau dan rapat, pada bagian bawah daun mucuna bracteata selalu meregenerasi sangat cepat menghasilkan tumpukan-tumpukan daun menjadi kompos. Kompos inilah yang menjadikan kesuburan tanah terjaga berdampak pada begitu mudahnya tanaman inti ( sawit/karet) mendapatkan makanannya.
Kandungan hara oleh proses pengkomposan daun mucuna bracteata yang telah mengering sangat membantu dalam mengurangi porsi dari pemakaian pupuk kimia. Ini menjadi fungsi mucuna bracteata berikutnya.
Yang tak kalah penting lagi adalah sebagai pembunuh gulma alami (rumput merugikan dimatikan rumput menguntungkan) ini berjalan hingga 30 tahun lebih lamanya tanpa harus melakukan penanaman ulang. Akan dimungkinkan penanaman mucuna bracteata kembali ketika tanaman inti yang sudah tidak lagi menghasilkan di replanting dengan tanaman inti yang baru. Sehingga membutuhkan kegiatan Land Clearing, perumpukan, maupun pengimasan lahan.
Kita katakan mucuna bracteata bracteata dapat bertahan selama puluhan tahun dikarenakan mucuna bracteata dengan perakaran yang kuat dan menyebar serta pembentukan akar berbentuk umbi sebagai penyimpan kebutuhan makanan ketika melewati masa sulit akibat musim kemarau menjadikan mucuna bracteata tidak mati. Terkecuali ketika mucuna bracteata sudah tidak mendapatkan cahaya sinar matahari itu maka mucuna bracteata akan mengurangi perkembangbiakannya dan itu berarti tanaman inti sudah tidak membutuhkan cover crops sebagai pembasmi hama sebab sudah dipastikan gulma sudah tidak sanggup tumbuh juga.
Dan ketika penutupan sudah maksimal ini memberi user nafas lega, ketergantungan terhadap pestisida kimia yang sering kita lakukan secara berkala hanya sekitar 25% dari kebutuhan pestisida seharusnya jika tidak digunakannya mucuna bracteata.Ini akan memberi pengaruh penurunan biaya operasional perawatan secara signifikan. Beberapa fungsi diatas saya yakin sudah mewakili jawaban dari harapan yang sangat diinginkan oleh pemilik dan pengusaha perkebunan dalam hal meminimalisir besarnya anggaran atau biaya yang dikeluarkan setiap melakukan pengembangan dan perluasan atau pembukaan lahan baru. Dan terpenting lainnya adalah menjadi salah satu persyaratan Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) yang telah dilaksanakan sebagai salah satu item dapat dikeluarkannya Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan. Serta masih banyak lagi manfaat lainnya yang didapat termasuk ikut sertanya kita dalam program ramah lingkungan.

2 comments:

  1. Apakah MB hanya untuk tanaman sawit dan karet apakah boleh buat kopi,pinang atau alpukat mohon penjeladannya

    ReplyDelete