Iklan

Thursday, April 14, 2016

Harga CPO & Rubber / KARET Naik Turun Tidak Berpengaruh Untuk Penanaman 1 Benih Mucuna Bracteata, Apa sebabnya?

Salam Semangat untuk kesuksesan anda pengusaha perkebunan!

Dunia usaha terutama pada bidang perkebunan sudah pasti akan selalu bersinggungan dengan harga patokan internasional dalam menentukan harga hasil perkebunan kita.

Baik perkebunan Kelapa Sawit dengan CPO nya, perkebunan Karet dengan getah dan RSS nya, Kopi dengan hasil biji kopinya, Kakao dan lainnya.

Kebijakan pemerintah, suasana politik, hingga nilai tukar rupiah  terhadap US Dollar dan dengan mata uang asing lainnya juga selalu memberi kita sentimen negatif atau positif untuk naik turunnya harga Crude Palm Oil/CPO, harga Rubber.

Akan tetapi begitu pentingnya usaha perkebunan dalam menopang ekonomi dalam ikut serta memberi manfaat masyarakat sekitar perkebunan untuk mensejahterakan dan meningkatkan ekonominya maka bidang usaha perkebunan haruslah tetap berjalan baik oleh perintis usaha perkebunan kecil, menengah, dan besar.
Dan dukungan pemerintah sangat kita harapkan.

Berbicara tentang perkebunan maka sudah barang tentu kita akan berbicara mengenai Analisa Dampak Lingkungan yang berkaitan erat dengan dampak yang akan ditimbulkan atas kegiatan usaha perkebunan tersebut. Baik pencemaran limbah, ekosistem alami dimana berbagai jenis hewan liar hidup dan tinggal, hingga dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan banjir, tanah longsor, atau bahkan yang terburuk adalah kebakaran yang selalu muncul setiap musim kemarau.

Begitu juga untuk pengusaha yang bergerak pada usaha perkebunan dengan menanam kacang-kacangan penutup tanah jenis mucuna bracteata ini telah diuntungkan pada segi efisiensi penekanan biaya perawatan gulma yang sangat merugikan.
Dan ini akan terjadi setiap waktu, setiap hari hingga puluhan tahun.

Bisa kita bayangkan pengendalian hama secara alami ini tidak lagi menggunakan bahan kimia yang ada pada pestisida.
Dan bisa kita bayangkan berapa ribu liter pestisida per tahunnya dengan pelaksanaan penyemprotan setiap 2-3 bulan sekali ini tidak kita lakukan sebab gulma telah dikendalikan oleh jenis kacangan penutup tanah ini.
Sangat menghemat!

Sehingga penerapan Analisis Dampak Lingkungan ( AMDAL ) pada pelaksanaan kegiatan usaha perkebunan dan pertambangan dengan menanam kacang-kacangan penutup tanah jenis mucuna bracteata sebagai bentuk investasi jangka panjang hingga puluhan tahun lamanya melebihi umur produksi dari tanaman perkebunan serta sangat mensupport usaha kita dalam menjaga lingkungan untuk mengembalikan unsur unsurnya pada kegiatan reklamasi sangatlah diperlukan dan menjadi keharusan untuk dilakukannya penanaman.


Itulah yang menjadikan 1 benih mucuna bracteata sangatlah perlu kita tanam tanpa perduli kenaikan atau penurunan harga hasil perkebunan.

Kita tidak akan tahu apakah usaha kita akan terdampak pada kebakaran, longsor, berkurangnya unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman inti ataupun dampak dampak yang sudah saya sampaikan diatas.

So! Lakukan penanaman sekarang dan lihat manfaatnya untuk kita, anak cucu kita yang akan meneruskan usaha kita, bahkan alam sekitar kita.

Sukses!!

No comments:

Post a Comment